GRAFFITI
GRAFFITI
GRAFFITI
GRAFFITI
GRAFFITI

Monday, March 7, 2011

Peugeot 3008 HYbrid4

Paris - Produsen mobil asal Prancis sejak Agustus 2010 lalu telah memproduksi crossover Peugeot 3008 versi diesel hybrid, Peugeot 3008 HYbrid4. Versi edisi terbatas mobil itu Selasa (1/3) ini resmi diluncurkan di gelaran Geneva Auto Show 2011 yang digelar 1-13 Maret.

Seperti dilansir thegreencarwebsites.co.uk, Selasa (1/3), mulai hari ini Peugeot juga membuka pemesanan. Pabrikan itu menegaskan, bagi konsumen yang berminat harus secepatnya mendaftar.

"Sebab mobil hybrid edisi terbatas ini hanya diproduksi 300 unit," sebut siaran pers Peugeot.

Mobil yang dilengkapi mesin disel konvensional dan sebuah motor listrik itu di Prancis dibanderol 41.500 Euro atau sekitar Rp 505,82 juta.

Sebelumnya, siaran pers Peugeot menyebutnya mobil hybrid diesel pertama di dunia. Crossover itu sejatinya ditawarkan dalam tiga tipe. "Masing-masing bermesin konvensional diesel murni, motor listrik, serta gabungan antara mesin diesel konvensional dengan motor listrik," sebut siaran pers pabrikan itu seperti dilansir themotorreport.com.

Tipe hybrid atau tipe ketiga itu memadukan mesin 2.000 cc, HDi yang bertenaga 163 daya kuda dengan sebuah motor listrik yang berkekuatan 37 daya kuda. Gabungan keduanya, aku Peugeot, mampu menyemburkan tenaga hingga 200 daya kuda dan torsi maksimum 500 Newton meter.

Berkat paduan dua sumber tenaga itu, crossover hybrid itu mampu melesat hingga 210 kilometer per jam. Bahkan, akselerasi dari posisi diam (0 kilometer per jam/kpj) ke kecepatan 100 kpj dicapai hanya dalam tempo 8,8 detik.

Kendati memiliki tenaga gahar dalam kecepatan tinggi, crossover anyar itu diklaim tetap irit bahan bakar dan rendah emisi. Satu liter bahan bakar cukup untuk menempuh jarak 31,65 kilometer. "Kadar emisinya, cuma 89 gram per kilometer," aku Peugeot.

Keunggulan lain yang ditawarkan mobil bertransmisi manual enam percepatan ini adalah fitur empat pilihan gaya berkendara yang bisa dipilih pengemudi. Peranti itu beroperasi secara otomatis. Keempatnya adalah Auto, ZEV atau Zero Emission Vehicle, 4WD (four wheel drive atau empat roda), dan Sport.

Mode Auto menawarkan gaya berkendara yang hemat bahan bakar. Pasalnya, semua sistem terkontrol secara elektronik.

Gaya ZEV bisa dipilih bila pengemudi menginginkan berkendara hanya dengan menggunakan motor listrik. Mode ini menjadikan mobil melaju tanpa suara dan tanpa emisi gas buang.

Sedangkan mode 4WD bisa dipilih bila pengemudi yang ingin berkendara dengan sistem penggerak empat roda. Dua roda depan digerakkan oleh mesin disel HDi dan dua roda belakang oleh motor listrik.

Mode Sport digunakan bila pengemudi ingin berkendara layaknya mengemudi mobil sport. Mode ini juga menggunakan empat penggerak roda atau 4WD.

Peugeot menambahkan, mobil besutannya itu juga memiliki kemampuan mendaur ulang tenaga yang dikeluarkan melalui peranti energy recovery system. Tenaga itulah yang digunakan untuk isi ulang (recharge) baterai nikel hydride yang merupakan sumber setrum motor listrik.

No comments:

Post a Comment