GRAFFITI
GRAFFITI
GRAFFITI
GRAFFITI
GRAFFITI

Wednesday, February 16, 2011

Jelang Arsenal v Barca: Inggris asing untuk Messi

Lionel Messi
Messi belum jajah Inggris (Getty Images)
Lionel Messi total sudah mencetak 40 gol buat Barcelona di semua kompetisi musim ini. Produktivitasnya akan dapat ujian tangguh di Emirates Stadium malam nanti karena dia sama sekali belum pernah bikin gol di tanah Inggris. Total 40 gol yang dibuat Messi buat El Barca musim ini datang dari 34 pertandingan, atau jika dirata-rata dia melesakkan 1,17 gol di setiap laga. Dari jumlah tersebut 24 di antaranya tercipta di La Liga, tujuh di Copa Del Rey, tiga di Piala Super Spanyol, serta enam di Liga Champions.
Dengan statistik seperti itu, Messi adalah monster mengerikan buat semua pertahanan lawan. Termasuk lini belakang Arsenal terkait pertemuan kedua tim di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (17/2/2011) dinihari WIB nanti.
Peluang Messi bikin gol dalam laga di Emirates Stadium malam nanti jelas terbuka lebar. Namun sejarah mencatat kalau pesepakbola asal Argentina itu sama sekali belum pernah mencetak gol di tanah Inggris jika berlaga dalam seragam The Catalans.
Penampilan pertama Messi di Inggris adalah musim 2005/2006, saat dipasang sebagai starter dan bermain 90 menit penuh menghadapi lawan Chelsea di Stamford Bridge. Pertemuan di babak fase grup itu memang mampu dimenangkan tim tamu dengan 2-1, namun dua gol skuad besutan Frank Rijkaard datang dari Semuel Eto’o dan bunuh diri John Terry.
The Blues kembali berhadapan dengan Barcelona di musim 2006/2007 pada fase grup. Bermain penuh selama 90 menit di Stamford Bridge, Messi gagal menghindarkan timnya dari kekalahan 0-1.
Setahun berselang (2007/2008) Barcelona menantang Manchester United di babak semifinal Liga Champions. Messi jadi bagian dari 11 pemain yang merumput sejak menit pertama, tapi dia gagal menghindarkan timnya dari kekalahan 0-1 dalam laga di Old Trafford.
Kembali di babak semifinal 2008/2009 Messi dkk harus terbang ke Inggris untuk menghadapi Chelsea. Bermain 90 menit Messi gagal bikin gol, justru Andres Iniesta yang jadi bintang timnya dengan gol penyama yang dia buat di masa injury time.
Kesempatan terakhir Messi berlaga di tanah Inggris adalah musim lalu, saat harus menyambangi Arsenal di babak perempat final. Empat gol tercipta dalam laga yang berkesudahan 2-2 tersebut, namun dua gol The Catalans saat itu diborong Zlatan Ibrahimovic.
Messi pastinya tetap akan jadi andalan Barcelona saat menghadapi Arsenal malam nanti. Akankah pemain terbaik dunia itu akhirnya akan mengakhiri penantian untuk bisa mencetak gol di Inggris?

Lionel Messi vs Tim Inggris
2006/2007
Chelsea 1 (Didier Drogba) vs Barcelona 0; Fase Grup

2007/2008
Manchester United 1 (Paul Scholes) vs Barcelona 0; Semifinal

2008/2009
Chelsea (Michael Essein) 1 vs Barcelona 1 (Andres Iniesta); Semifinal

2009/2010
Arsenal 2 (Walcott, Fabregas) vs Barcelona 2 (Zlatan); Babak Perempatfinal

No comments:

Post a Comment