GRAFFITI
GRAFFITI
GRAFFITI
GRAFFITI
GRAFFITI

Monday, May 9, 2011

Hasil MotoGP Esoril

1304313869675227601
Lorenzo - Pedrosa - Stoner di podium Estoril (dok.MotoGP.com)
MotoGP seri Estoril sudah usai. Dani Pedrosa yang jadi juaranya. Otomatis peluang Lorenzo untuk meraih Quatrick di Estoril sirna sudah. Sebelumnya Lorenzo menjuarai seri Estoril selama 3 musim berturut-turut.  Tanda positif tentang peraihan quatrick sebenarnya terlihat dengan diraihnya pole position di seri ini. Lorenzo meraih pole position setelah mengalahkan Simoncelli yang duduk di urutan kedua. Di urutan ketiga ada Dani Pedrosa, lalu Casey Stoner dan Ben Spies. Sementara Valentino Rossi ada di urutan ke sembilan.
Balapan baru saja mulai ketika jalannya balapan langsung diwarnai oleh jatuhnya pembalap. Hector Barbera menjadi pembalap pertama yang crash. Tak lama kemudian secara mengejutkan Simoncelli juga crash. Padahal diprediksi bahwa Simoncelli akan menjadi lawan tangguh bagi Lorenzo. Performa Simoncelli amat bagus ketika meraih waktu tercepat pada free practice 1 dan 2. Sungguh suatu akhir yang tak menyenangkan bagi Simoncelli yang kemudian tak bisa melanjutkan balapan.
Di lap pertama ini Rossi yang start dari posisi 9 berhasil menyalip beberapa pembalap hingga akhirnya ada di posisi 4 tepat di belakang Casey Stoner. Posisi 1 adalan Jorge Lorenzo di ikuti dengan Dani Pedrosa di posisi kedua. Di belakang Rossi ada Dovizioso. Di lap 11 Nicky Hayden berduel dengan Ben Spies memperebutkan posisi 9.
Hingga lap ke 13 posisi pembalap terdepan adalah Lorenzo, Pedrosa, Stoner, Rossi kemudian Dovizioso. Pedrosa menempel ketat Lorenzo, sementara jarak Pedrosa dengan Stoner dan Rossi kian jauh. Namun posisi Rossi terancam dengan Dovizioso yang jaraknya kian dekat. Saat ini jarak Rossi dan Lorenzo lebih dari 8 detik. Sebuah jarak yang sangat sulit untuk didekati. Di lap ini Ben Spies crash dan tak bisa melanjutkan balapan.

13042590721081673862
Jorge Lorenzo, gagal Quatrick (dok.MotoGP.com)
Selanjutnya balapan cenderung berjalan membosankan. Tak sabar rasanya melihat Pedrosa yang begitu sabar di asapi Lorenzo. Hampir sepanjang balapan Pedrosa seperti bermain-main dengan posisinya. Menjauh tidak, tapi menyalippun belum. Dia seperti hendak menjaga jarak sedekat mungkin dengan Lorenzo, dan tetap mencari celah atas kesalahan yang mungkin dilakukan Lorenzo. Saya jadi teringat dengan style Rossi dulu. Dulu Rossi juga sering melakukan hal seperti ini. Sabar membuntuti dan melesat di lap-lap akhir. Butuh ketelatenan dan juga keberuntungan untuk melakukan hal ini. Karena kesempatan untuk menyalip hanya di lap-lap akhir.
Hal serupa dilakukan oleh Dovizioso yang setia membuntuti Rossi yang ada di posisi 4. Sama seperti Pedrosa, Dovizioso membayang-bayangi Rossi di sepanjang balapan. Sementara Stoner telah “aman” di posisi 3.  Jaraknya dengan Pedrosa terpaut hingga 4 detik dan Rossi jaraknya jauh sekali di belakang. Tak ada kemungkinan mengambil posisi 3 dari Stoner kecuali Stoner crash. Jadi prediksi tentang perseteruan Stoner dan Rossi yang akan berlanjut lagi sejak insiden Jerez tak terjadi.
Balapan tersisa 4 lap ketika secara tiba-tiba Pedrosa menyalip Lorenzo di track lurus. Lorenzo pasti tak menyangka hal in i terjadi. Pedrosa langsung membuat jarak lumayan jauh dengan Lorenzo. Jaraknya hingga 0.539 detik. Lorenzo nampaknya tak mau terlalu mem-push motornya untuk kembali menyalip Pedrosa. Posisi Lorenzo saat ini ada di puncak klasemen sementara. Kalau dia terlalu bernafsu untuk mengejar Pedrosa ada kemungkinan ia crash dan malah tak mendapat poin. Hal ini telah terjadi pada Simoncelli di awal balapan.

13042591121080049741
Valentino Rossi di posisi kelima (Dok.MotoGP.com)
Maka posisi Pedrosa aman hingga garis finis dan ia meraih juara seri pertamanya musim ini. Namun tragedi menimpa The Doctor. Dovizioso yang menjadi ancaman sejak awal balapan, secara mengejutkan menyalip Rossi hanya semeter menjelang garis finis. Rossi pasrah finish di belakang Dovizioso dengan jarak hanya terpaut 0.025 detik. Kalau saya jadi Rossi pasti saya akan melempar helm saya ke Dovizioso hehehehe. Kesel banget gitu loh.
Tapi itulah balapan. Semuanya masih mungkin terjadi bahkan hingga detik terakhir. Hayden pun pernah mengalami tragedi macam ini. Motornya mengalami kerusakan mesin beberapa meter menjelang garis finis. Hingga akhirnya dia di balap oleh beberapa pembalap lain. Kalau tak salah ini terjadi di musim MotoGP tahun lalu. Makanya kalau nonton MotoGP sampai habis ya.
Berikut ini adalah hasil selengkapnya dari balapan seri MotoGP Estoril :
1. Dani PEDROSA - SPA - Repsol Honda Team - 45′51.483
2. Jorge LORENZO - SPA - Yamaha Factory Racing - +3.051
3. Casey STONER - AUS - Repsol Honda Team - +7.658
4. Andrea DOVIZIOSO - ITA - Repsol Honda Team - +16.530
5. Valentino ROSSI - ITA - Ducati Team    Ducati - +16.555
6. Colin EDWARDS - USA - Monster Yamaha Tech 3 - +32.575
7. Hiroshi AOYAMA - JPN - San Carlo Honda Gresini - +38.749
8. Cal CRUTCHLOW     - GBR - Monster Yamaha Tech 3 - +40.912
9. Nicky HAYDEN - USA - Ducati Team    Ducati - +54.887
10. Randy DE PUNIET - FRA - Pramac Racing Team - +59.697
11. Toni ELIAS - SPA - LCR Honda MotoGP - +1′00.374
12. Loris CAPIROSSI - ITA - Pramac Racing Team    Ducati - +1′01.793
13. Alvaro BAUTISTA - SPA - Rizla Suzuki MotoGP - +1′24.370
Not Classified
Ben SPIES - USA - Yamaha Factory Racing - 16 Laps
Karel ABRAHAM - CZE - Cardion AB Motoracing - 27 Laps
Not Starting
Marco SIMONCELLI - ITA - San Carlo Honda Gresini
Hector BARBERA - SPA - Mapfre Aspar Team MotoGP
Sementara untuk posisi klasemen sementara adalah sebagai berikut :
1. Jorge LORENZO - Yamaha - SPA - 65
2. Dani PEDROSA -     Honda - SPA - 61
3. Casey STONER - Honda - AUS - 41
4. Valentino ROSSI - Ducati - ITA - 31
5. Nicky HAYDEN - Ducati - USA - 30
6. Andrea DOVIZIOSO - Honda - ITA - 30
7. Hiroshi AOYAMA - Honda - JPN - 28
8. Cal CRUTCHLOW     - Yamaha - GBR - 21
9. Colin EDWARDS - Yamaha - USA - 18
10. Hector BARBERA - Ducati - SPA - 14
11. Karel ABRAHAM - Ducati - CZE - 12
12. Toni ELIAS - Honda - SPA - 12
13. Marco SIMONCELLI - Honda - ITA - 11
14. Ben SPIES - Yamaha - USA - 10
15. Loris CAPIROSSI - Ducati - ITA - 9
16. Randy DE PUNIET - Ducati - FRA - 6
17. John HOPKINS - Suzuki - USA - 6
18. Alvaro BAUTISTA - Suzuki - SPA - 3
Seri ke empat MotoGP 2011 akan berlangsung di Le Mans, Perancis pada tanggal 15 Mei. Di tanggal yang buat saya bersejarah saya berharap Rossi meraih podium di situ. Ulasan mengenai seri Le Mans akan saya berikan setelah pesan-pesan berikut ini… eh beberapa hari menjelang race maksudnya.

Sumber : MotoGP.com

No comments:

Post a Comment