GRAFFITI
GRAFFITI
GRAFFITI
GRAFFITI
GRAFFITI

Saturday, May 28, 2011

Adu Taktik Guardiola Vs Ferguson



Liga Champions
London - Manchester United bakal bertarung dengan Barcelona memperebutkan mahkota kampiun Eropa pada final Liga Champions di Stadion Wembley, Sabtu, 28 Mei 2011. Duel tersebut mempertemukan ahli taktik dari dua generasi berbeda.

PEP GUARDIOLA (Barcelona)




Usia:
40 tahun

Pengalaman:
Baru tiga tahun menukangi Barcelona, Guardiola dinilai telah membangun klub berjuluk La Blaugrana tersebut menjadi tim terbaik sepanjang massa. Ia menuntun El Barca meraih tiga gelar pada 2009.

Penghargaan:
Sejak Guardiola turun melatih pada 2008, Barcelona kebanjiran trofi. Barcelona menjuarai Liga Champions pada 2009, mengantongi gelar Liga Spanyol tiga kali beruntun, dan memenangkan Piala Raja, Piala Super UEFA, dan Kejuaraan Dunia Antarklub.

Taktik
Guardiola dianggap mengembangkan permainan umpan-umpan pendek Barcelona menjadi pertunjukan seni. Barcelona tidak hanya mengutamakan umpan-umpan pendek, mereka juga dikenal dengan semangat yang gigih saat menekan lawan.

Gaya
Keras dan punya pendirian yang kuat. Hal tersebut diperlihatkan ketika ia mengumumkan untuk melepas pemain-pemain kelas dunia seperti Ronaldinho, Deco, dan Samuel Eto'o pada 2009.

Karier sebagai Pemain
Ia membela Barcelona lebih dari satu dekade dengan memenangkan berbagai hal, termasuk European Cup pada 1992. Ia juga sempat bermain di Brescia dan AS Roma.



SIR ALEX FERGUSON (Manchester United)




Usia:
69 tahun


Pengalaman
Ia mengawali karier sebagai pelatih di Skotlandia sebelum akhirnya hijrah ke Old Trafford. Setelah itu, ia menjadikan Manchester United sebagai raksasa Eropa.

Penghargaan
Ia telah memenangkan 47 trofi sebagai manajer, termasuk 12 gelar Liga Primer Inggris dan dua kali juara Liga Champions. Oleh karena itu, ia menjadi manajer paling sukses sepanjang sejarah sepak bola Inggris.

Taktik
Timnya memiliki karakter yang mengandalkan kemampuan di atas rata-rata serta kecepatan, terutama saat menyerang lawan. Tim besutan Ferguson mencampurkan permainan agresif dengan permainan bergaya.

Gaya
Sosok yang disegani sejak mengawali karier sebagai manajer. Ia memerintah dengan tangan besi. Ia merupakan otak di balik permainan indah Si Setan Merah seperti diakui Manajer Arsenal Arsene Wenger dan bekas pelatih Liverpool Rafael Benitez.

Karier sebagai Pemain
Ferguson sempat beberapa tahun tampil di liga papan atas Skotlandia. Ia mencetak 45 gol dalam 51 pertandingan untuk Dunfermline pada 1965-1966.

No comments:

Post a Comment